Selasa, September 29Selamat datang di Mesin Cah Bagus
Shadow

Mesin Pembersih Beras Ketan dengan Sistem Rotary Washer yang dilengkapi Digital Timer

Ide Cerdas Mahasiswa UNESA Penunjang Profitabilitas UKM Rengginang Sidoarjo

Dalam rangka Program Kreatifitas Mahasiswa bidang Teknologi (PKM-T) yang diselenggarakan kemenristekdikti tahun 2020. Mahasiswa Teknik Mesin Fakultas Teknik dan Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya turut serta mengusulkan suatu karya yaitu Mesin Pembersih Beras Ketan dengan Sistem Rotary Washer yang dilengkapi Digital Timer. Terdiri dari  Hermawan Aji Saputra (Pend.T.Mesin 2019) selaku ketua tim, bersama anggota yaitu Rizdana Galih Pambudi (Pend.T.mesin 2019), Maisarah Azizah (Pend. T.mesin 2019), Muhammad Nur Salim (Pend.T.Mesin 2019), Ahmad Alifian Sandy (D3.T.mesin 2018), dan Akinta Fatma Hosela (Pend. Akutansi 2017) dibawah bimbingan dosen Agung Prijo Budijono, S.T.,M.T .

“ide pembuatan mesin ini muncul ketika tim kami melakukan survei Usaha Kecil Menengah (UKM) pembuatan rengginang cap BUNGA MAWA  milik keluarga ibu Yulia di Somban, Kebonsari, Candi, Sidoarjo, Jawa Timur.” Ujar Hermawan, Selasa (11/08/2020)

Proses pencucian beras ketan yang masih menggunakan wadah  bak menjadi sorotan utama tim PKMT ini. Pasalnya ibu Yulia selaku pemilik UKM, mengatakan bahwa  proses pencucian beras ketan masih menggunakan tenaga manual yakni dengan mengaduk dan menggosok-gosok menggunakan tangan sehingga membutuhkan waktu pengerjaan yang relatif  lebih lama.

Secara khusus mesin ini menggunakan sistem pengadukan Ribbon screw sebagai pengganti proses pengadukan menggunakan tangan, yang mampu mengaduk secara merata dan bergerak secara kontinyu. Selain itu mesin ini dilengkapi digital timer untuk menkontrol lama pencucian yang diinginkan. Tenaga penggerak dilakukan oleh motor listrik sebagai pengganti tenaga manusia dengan saklar on/off untuk menghidupkan mesin sehingga mudah dioperasikan.

Dengan terciptanya Mesin Pembersih Beras Ketan dengan Sistem Rotary Washer dan dilengkapi Digital Timer ini diharapkan dapat membantu mengoptimalkan proses pembuatan rengginang pada produksi skala UKM, sehingga produktivitas akan jauh lebih meningkat

Klik untuk mulai WA
Hallo !!! Ada yang bisa dibantu
Hallo !!! Ada yang bisa dibantu
Klik tombol panah kirim untuk memulai...