Jumat, Juni 14Selamat datang di Mesin Cah Bagus
Shadow

Andalkan Pinjaman Formal dan Nonformal – 76% UMKM

Loading

Sekitar tiga perempat (76%) usaha kecil di Indonesia melaporkan memiliki pinjaman dalam berbagai bentuk (termasuk pinjaman informal) selama studi, lebih tinggi dibandingkan dengan negara lain yang diteliti.

Bank pemerintah menjadi sumber pinjaman yang paling umum (41% dari semua pinjaman yang tercatat), karena adanya program pinjaman subsidi pemerintah (Kredit Usaha Rakyat atau KUR). Penelitian ini juga berfokus pada kesejahteraan pekerja dalam usaha kecil, dan menemukan bahwa usaha kecil tersebut tidak mampu memberikan pendapatan yang konsisten kepada para pekerja.

Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bagaimana usaha kecil di Indonesia bekerja, terutama dalam aspek:

1. Volatilitas: Usaha kecil di Indonesia, seperti di negara-negara lain yang diteliti, mengalami pendapatan yang tidak stabil: pendapatan dan pengeluaran berfluktuasi dari bulan ke bulan.

2. Keinginan untuk bertumbuh dan stabilitas usaha: Ketika ditanya tentang visi terkait bisnis mereka, sebagian besar usaha kecil di Indonesia (33%) mengatakan bahwa mereka ingin bertumbuh dan mendapatkan stabilitas.

Kelompok ini bercita-cita untuk tumbuh, tetapi tidak ingin mengambil risiko tambahan (mereka sudah menghadapi banyak risiko, misalnya dalam hal kemampuan mereka untuk menjual barang-barang /stocks dan membayar serta mempertahankan karyawan mereka) yang diperlukan untuk pertumbuhan yang cepat. Mereka menginginkan pertumbuhan selangkah demi selangkah untuk mengurangi volatilitas dan risiko.

3. Inklusi keuangan: Sekitar 65% pemilik usaha kecil di Indonesia memiliki rekening bank yang mereka gunakan untuk tujuan bisnis – sedikit lebih tinggi daripada di Kenya (60%) tetapi lebih kecil daripada di Nigeria (98%) atau Kolombia (79%). Namun demikian, penggunaan rekening tidak merata dengan hanya 26% usaha kecil di Indonesia yang melakukan transaksi melalui rekening bank.

…..

lanjut link

https://investor.id/macroeconomy/333238/76-umkm-andalkan-pinjaman-formal-dan-nonformal

Klik untuk mulai WA
Hallo !!! Ada yang bisa dibantu
Hallo !!! Ada yang bisa dibantu
Klik tombol panah kirim untuk memulai...