Senin, April 6Selamat datang di Mesin Cah Bagus
Shadow

PKM : Mesin Penyangrai Kerupuk Semi-Otomatis – Dorong Inovasi Revolusi Industri 4.0 – UKM

Inovasi menjadi penting bagi Universitas Negeri Surabaya untuk pengembangan ilmu yang dapat diterapkan di lingkungan yang relevan. Terkait hal itu, mahasiswa jurusan teknik mesin mengikuti hibah Program Kreativitas Mahasiswa Bidang Teknologi (PKM-T) yang diadakan oleh Belmawa Ristek Dikti untuk mendorong terciptanya inovasi-inovasi yang bermanfaat dan berkelanjutan.

Esensi awal tercetusnya ide inovasi yakni berdasarkan banyaknya permasalahan teknis yang dialami oleh pengusaha dan UKM kerupuk dalam proses penyangraian. UKM terkendala proses penyangraian yang masih dilakukan secara manual yakni menggunakan tungku wajan dan  alat pembakar kayu sederhana, sehingga menyebabkan produksi tidak efektif dan efisien.

 “ Ya seperti begitu mas, memang saya hanya memiliki alat yang apa adannya seperti ini jadi jika ditanya kesusahan apa tidak ya tentu saja kesusahan mas, apalagi karena menggunakan kayu sehingga suhu pembakarannya tidak terkontrol”, Kata Pak Budi (Pemilik UKM Kerupuk)

 Hal tersebut membuat mahasiswa teknik mesin Universitas Negeri Surabaya berupaya untuk menciptakan inovasi mesin penyangrai kerupuk semi otomatis yang diberi nama KEROKAN “Cracker Roasting Machine” untuk dapat menjawab permasalahan. saya berharap dengan adannya mesin penyangrai ini dapat berguna dan bermanfaat bagi UKM Kerupuk pak sarno terlebih lagi dapat meningkatkan produktivitas dan efektivitas”, Kata Irfan Maulana selaku ketua TIM PKM-T

Mesin penyangrai kerupuk yang diinovasikan menggunakan metode radial roaster yakni penyangrain secara radial. Dengan menggunakan 2 teknologi yang saling terintegrasi yakni Speed Control  dan Temperature Control. Yakni pengatur kecepatan drum untuk penyangraian serta pengontrolan suhu pemasakan, sehingga output yang diharapkan yakni dapat menghasilkan kerupuk dengan kualitas yang sempurna dengan tingkat kematangan yang merata. “Dengan adannya inovasi ini diharapkan dapat meningkatkan produktivitas dan efektivitas hingga 2 kali lipat. Sehingga dapat bermanfaat bagi peningkatan ekonomi UKM”, Ujar Wahyu Dwi Kurniawan selaku Dosen Pembimbing PKM-T. Selain menabur kebermanfaatan pada lingkungan sekitar mahasiswa teknik mesin turut berkontribusi dalam perkembangan zaman terkhusus era revolusi industri 4.0.

Klik untuk mulai WA
Hallo !!! Ada yang bisa dibantu
Hallo !!! Ada yang bisa dibantu
Klik tombol panah kirim untuk memulai...
Powered by