Kamis, September 24Selamat datang di Mesin Cah Bagus
Shadow

PKM – MERINDU SEMATI (Mesin Penyaring Madu Semi Otomatis) – UKM

Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) merupakan ajang untuk para mahasiswa untuk merealisasikan ide kreatif yang mereka miliki agar dapat bermanfaat bagi masyarakat.

Tim PKM-T dari Jurusan Teknik Mesin Universitas Negeri Surabaya memiliki ide kreatif untuk menciptakan MERINDU SEMATI (Mesin Penyaring Madu Semi Otomatis)) dibawah bimbingan Drs. Budihardjo Acmadi Hasyim, M.Pd. MERINDU SEMATI (Mesin Penyaring Madu Semi Otomatis) merupakan sebuah ide kreatif teknologi untuk memecahkan masalah pada UKM madu, yang berlokasi di  Malang. Permasalahan terletak pada proses penyaringan dan pengisian madu yang masih dilakukan dengan cara tradisional atau manual menggunakan tangan. Sehingga membutuhkan waktu yang lama dan madu yang dihasilkan kurang higienis.

Dengan mesin MERINDU SEMATI ini dapat meningkatkan efektivitas produksi madu dengan indikator: proses penyaringan dilakukan dengan mesin spinner, dan proses pengisian madu lebih cepat menggunakan pompa dengan proses pengisian terkontrol sehingga proses penyaringan dan pengisian bisa dilakukan dalam satu mesin.

“…Kesimpulannya dengan mesin ini produksi madu akan lebih efektif karena proses penyaringan dan pengisian dapat dilakukan dalam satu mesin dan tidak membutuhkan banyak waktu dan tenaga” Terang Agung Prijo Budijono, S.T., M.T. kamis (23/5/2019). Dibandingkan dengan produksi madu secara tradisional, MERINDU SEMATI ini memiliki beberapa keuntungan, seperti waktu proses produksi yang lebih singkat, meningkatkan hasil produksi, meningkatkan kualitas produksi karena proses lebih higienis, dan bisa dioperasikan oleh satu orang, sehingga lebih efektif dan tidak membutuhkan banyak waktu dan tenaga.

Klik untuk mulai WA
Hallo !!! Ada yang bisa dibantu
Hallo !!! Ada yang bisa dibantu
Klik tombol panah kirim untuk memulai...