Sabtu, Juli 4Selamat datang di Mesin Cah Bagus
Shadow

Tips Buat Online Sellers Pemula

Banyak kisah wirausahawan sukses yang memulai bisnisnya mulai dari nol. Namun tetap saja bagi pelaku usaha pemula, terutama yang memulainya dari Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) atau juga para online sellers, pasti menemui banyak kendala saat menjalankan bisnis. Apalagi kini pasar digital membuat para pelaku usaha pemula ini dituntut lebih kreatif untuk menarik minat konsumen.

Di Indonesia, pemerintah terus mendorong pelaku UMKM dan online sellers meningkatkan kualitas dan kuantitas produknya dengan memanfaatkan teknologi digital. Tak hanya itu, produk-produk UMKM juga diharapkan bisa menembus pasar ekspor dunia.

Bagi pelaku usaha UMKM pemula, berikut tips yang bisa dilakukan demi membantu UMKM untuk masuk ke bisnis pasar digital seperti dilansir dari Entrepreneur.

Penuhi Apa yang Dicari Pasar Digital

Bukan memperkenalkan produk dahulu, tetapi kamu harus tahu apa yang sedang dibutuhkan oleh pasar digital. Pengusaha pemula bisa masuk ke forum-forum online untuk mengetahui pertanyaan dan masalah yang paling banyak konsumen hadapi.


Pengusaha pemula juga bisa memulai riset dari kata kunci produk atau layanan yang paling banyak dicari melalui mesin pencari. Lalu mempelajari situs-situs produk kompetitor sehingga tahu potensi produk apa yang bisa dikembangkan nantinya. Produk kamu, harus bisa nih menjawab tantangan yang ada saat ini.

Buat Konten yang Menarik Perhatian

Selanjutnya, tawarkan produk atau layanan dengan konten-konten yang menarik dengan tulisan, gambar, maupun video. Di sini pengusaha pemula juga bisa menambahkan keuntungan dari produk yang ditawarkan, testimoni dari konsumen, dan yang paling penting hal-hal yang harus meyakinkan konsumen. Ingat bahwa dengan banyaknya perusahaan yang berlomba-lomba memenangkan hati pelanggan, produk kamu tidak boleh kalah menariknya!

Jaga Reputasi Produk yang Ditawarkan

Masyarakat digital menggunakan internet untuk mencari kebutuhan hidup sehari-hari. Kontinuitas konten dan informasi yang ditawarkan dari produk yang dijual sangat penting. Pengusaha pemula harus terus menarik perhatian pengunjung melalui berbagai forum atau konten yang bisa dibagikan antar pengunjung.

Manfaatkan Fitur Digital dari Jasa Kurir Online

Selain tiga langkah tersebut, pelaku usaha pemula juga harus bisa memanfaatkan fitur-fitur digital untuk memudahkan dalam menjalankan bisnis. Salah satunya layanan kurir online berbasis aplikasi milik Grab bernama GrabExpress yang kini memiliki empat fitur utama yang memang sengaja dirancang untuk para UMKM dan online sellers.

Pertama, fitur Langganan Paket Hemat. Melalui fitur ini, pengusaha bisa lebih hemat dalam mengirimkan produk-produk kepada konsumen digital. Saat ini paket hemat sudah tersedia di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Makassar, Meda, Bali, Semarang, Manado, Palembang, Yogyakarta, dan Lampung. Caranya tinggal masuk ke dalam tiles ‘Langganan’ di aplikasi Grab dan pilih paket langganan yang diinginkan. Saat akan melakukan pemesanan GrabExpress, tinggal masukan kode promo yang sudah dibeli, deh. Hemat sampai 90%, lho.

Kedua, fitur Pengiriman Instant dan Same-Day. Armada GrabCar dapat membantu pengiriman barang dengan berat maksimal 150 kg dan GrabBike seberat 15 kg. Perlu diketahui, masyarakat digital merupakan masyarakat yang serba instan dan kadang kala ingin membeli produk dan datang pada hari yang sama atau secepatnya. Pengusaha pemula bisa memanfaatkan layanan ini untuk memuaskan konsumen, selain memastikan barang tiba dalam kondisi yang baik.

Ketiga, fitur Bukti Pengiriman dan Pelacakan Langsung. Lewat fitur ini, pengusaha pemula tidak perlu khawatir produknya akan dibawa kabur oleh kurir. Sebab, pengusaha nantinya bisa memantau secara langsung lokasi kurir dan bukti pengiriman berupa foto akan dikirimkan pada akhir proses pemesanan.

Keempat, fitur Kirim ke Banyak Tujuan dan Banyak Pemesanan Sekaligus. Saat pemesanan produk membeludak, pengusaha akhirnya tidak perlu bingung dalam proses pengiriman. Sebab, layanan ini dapat membantu proses pengiriman hingga ke 5 alamat sekaligus dalam 1 pesanan. Admin pusing? Udah nggak zaman!

Advertorial – detikNews

Klik untuk mulai WA
Hallo !!! Ada yang bisa dibantu
Hallo !!! Ada yang bisa dibantu
Klik tombol panah kirim untuk memulai...